Jumat, 11 Januari 2013

Makalah Sejarah Olahraga


MAKALAH SEJARAH OLAHRAGA
LARI



Nama : Della Ardhani
NIM  : 11601244010

PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2012
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Atletik adalah event asli dari Olimpiade pertama ditahun 776 sebelum Masehi dimana satu-satunya event adalah perlombaan lari atau stade. Atletik adalah gabungan dari beberapa jenis olahraga yang secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi lari, lempar dan lompat. Induk organisasi untuk olahraga atletik adalah PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia). Olahraga atletik dilakukan di lintasan dan lapangan. Lintasan digunakan untuk lari sedangkan lapangan digunakan untuk lempar dan lompat.
Lari merupakan cabang atletik yang paling digemari karena selain lebih mudah dipelajari juga peralatan yang di butuhkan lebih ekonomis dan tidak banyak. Banyak rekor yang telah dipecahkan, terutama di event Olimpiade Dunia. Di zaman modern, atlet sekarang bisa mendapatkan bayaran dari perlombaan lari, mengakhiri sebutan “amatirisme” yang ada sebelumnya.
B. Rumusan Masalah
1. Apa definisi dari lari?
2. Apa saja nomor lari yang dperlombakan?
3. Apa saja tahap-tahap berlari dalam lari jarak pendek?
4.Apa itu lari estafet?

BAB II
PEMBAHASAN

1. DEFINISI LARI
Lari didefinisikan dalam istilah olahraga sebagai gerakan tubuh di mana pada suatu saat semua kaki tidak menginjak tanah. Lari adalah salah satu bentuk latihan aerobik dan latihan anaerobik.

2. NOMOR LARI YANG DIPERLOMBAKAN
A. Ditinjau dari jarak yang ditempuh:
  • Lari jarak pendek (sprint) adalah 60 m sampai 400 m.
  • Lari jarak menengah (middle distance) adalah 800 m sampai 1.500 m.
  • Lari jarak jauh (long distance) adalah 3.000 m sampai 42.195 m (marathon).

B. Ditinjau dari lintasan atau jalan yang dilewati:
  • Lari di lintasan tanpa melewati rintangan (flat) yaitu 100 m, 200 m, 400 m, 800 m, 1.500 m, 5.000m, 10.000 m.
  • Lari ladang atau cross country atau lintas alam.
  • Lari 3.000 m halang rintang (steplechase)
  • Lari gawang 100 m , 400 m gawang untuk putri dan 110 m, 400 m gawang untuk putra.

C. Ditinjau dari jumlah peserta dan jumlah nomor yang dilakukan:
  • Lari estafet yaitu 4 x 100 m dan 4 x 400 m.
  • Combined event (nomor lomba gabungan) yaitu panca lomba (untuk kelompok remaja), sapta lomba (junior putra-putri dan senior putri) dan dasa lomba (senior putra)

3. TAHAPAN DALAM LARI JARAK PENDEK
Tujuan lari jarak pendek adalah untuk memaksimalkan kecepatan horizontal, yang dihasilkan dari dorongan badan ke depan. Kecepatan lari ditentukan oleh panjang langkah dan frekuensi langkah (jumlah langkah persatuan waktu). Oleh karena itu, seorang pelari jarak pendek harus dapat meningkatkan satu atau kedua-duanya. Lari jarak pendek bila dilihat dari tahap-tahap berlari terdiri dari beberapa tahap, yaitu:
  • Tahap percepatan (acceleration)
  • Tahap transisi/perubahan (transition)
  • Tahap kecepatan maksimum (speed maximim)
  • Tahap pemeliharaan kecepatan (maintenance speed)
  • Finish

4. LARI ESTAFET
Lari Estafet atau dengan kata lain disebut "Lari sambung menyambung sambil membawa tongkat". Pelarinya berjumlah lebih dari 1 orang dan kurang dari 5 orang yang tergabung dalam 1 tim, dimana masing-masing pelari sudah diatur dalam jarak tertentu untuk kemudian bersiap-siap menunggu atau memerima tongkat estafet dari teman dan kemudian berlari untuk menyerahkan tongkat tersebut kepada teman 1 tim yang lain dan seterusnya saling mengoperkan tongkat hingga memasuki garis finis. Siapa yang pertama mencapai garis finish maka tim tersebutlah yang menang.

BAB III
KESIMPULAN
Lari adalah salah satu cabang dari atletik. Lari dapat didefinisikan sebagai gerakan tubuh di mana pada suatu saat semua kaki tidak menginjak tanah. Nomor-nomor lari yang di lombakan dibagi menjadi 3, yaitu ditinjau dari: jarak yang ditempuh (pendek, menengah dan jauh), lintasan yang dilewati (flat, lintas alam, steplechase dan gawang) dan jumlah peserta ( estafet dan combined event). Lari estafet adalah lari beregu berjumlah 4 orang dengan cara berlari memindahkan tongkat estafet dari pelari satu ke pelari lainnya dalam satu tim dan yang pertama masuk finish adalah pemenangnya.

DAFTAR PUSTAKA
Eddy Purnomo. 2011. Dasar-Dasar Gerak Atletik. Yogyakarta: Alfamedia
id.wikipedia.org/wiki/atletik/lari
www.anneahira.com/atletik.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar